Apa itu Cahaya ?

Apa itu Cahaya ?

Apa itu Cahaya | Cahaya adalah nama yang diberikan manusia pada radiasi yang dapat dilihat oleh mata manusia. Cahaya merupakan gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang getarannya adalah medan listrik dan medan magnet.

Berdasarkan jenisnya, cahaya dibedakan menjadi cahaya yang tampak dan cahaya yang tidak tampak.

Cahaya tampak adalah cahaya yang jika mengenai benda maka benda maka benda tersebut akan dapat dilihat oleh manusia, contohya cahaya matahari. Cahaya tak tampak adalah cahaya yang jika mengenai benda tidak akan tampak lebih terang atau masih sama sebelum terkena cahaya. Contohnya cahaya tak tampak adalah sinar infra merah dan sinar X.

Kita memerlukan cahaya untuk dapat melihat. Benda-benda yang ada disekitar dapat kita lihat apabila ada cahaya yang mengenai benda tersebut. Cahaya yang mengenai benda, dipantulkan oleh benda ke mata. Benda yang terkena cahaya, jika pantulannya terhalang oleh benda maka benda tersebut tidak dapat terlihat. Misalnya suatu benda yang berada dibalik tirai atau tembok. Sebuah benda dapat dilihat oleh mata karena adanya cahaya yang memancar atau dipantulkan dari benda tersebut, yang sampai ke mata.

Cahaya mempunyai sifat-sifat tertentu. Sifat sifat cahaya banyak manfaatnya bagi kehidupan, di antaranya sebagai berikut :

  1. Cahaya Dapat Merambat Lurus
    Saat berjalan di kegelapan, kita memerlukan senter. Cahaya dari lampu senter arah rambatannya menurut garis lurus. contoh lainnya, ketika kita melihat cahaya matahari yang menerobos masuk melalui celah-celah genting. Kedua hal tersebut membuktikan bahwa cahaya merambat lurus.
  2. Cahaya Dapat Merambat Menembus Benda Bening
    Amatilah ketika kamu berjalan di bawah cahaya matahari. Kemana pun kamu berjalan, selalu diikuti oleh bayanganmu sendiri. Bayang-bayang tubuhmu akan hilang ketika kamu masuk ke dalam rumah atau berlindung di balik pohon yang besar.Bayangan terbentuk karena cahaya tidak dapat menembus suatu benda. Ketika cahaya mengenai tubuhmu, cahaya tidak dapat menembus tubuhmu sehingga terbentuklah bayangan. Sebaliknya jika mengenai kaca yang bening atau air yang bening, cahaya dapat menembus benda tersebut.
  3. Cahaya Dapat Dipantulkan 
    Pemantulan (refleksi) atau pencerminan adalah proses terpancarnya kembali cahaya dari permukaan benda yang terkena cahaya. Contoh peristiwa pematulan cahaya adalah saat kita bercermin.
  4. Cahaya Dapat Dibiaskan
    Pembiasan adalah pembelokan arah rambat cahaya, saat melewati dua medium yang berbeda kerapatannya. Pembiasan cahaya dapat dimanfaatkan manusia dalam perbuatan berbagai alat optik.Apabila cahaya merabat dari zat yang kurang rapat ke zat yang lebih rapat, cahaya akan dibiaskan mendekati garis normal. Misalnya cahaya merambat dari udara ke air. Air memiliki kerapatan optik lebih tinggi dibandingkan udara.
  5. Cahaya Dapat Diuraikan
    Cahaya putih seperti cahaya matahari termasuk jenis cahaya polikromatik. Cahaya polikromatik adalah cahaya yang tersusun atas beberapa komponen warna. Cahaya putih tersusun atas spektrum-spektrum cahaya yang berwarna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu. spektrum warna yang tidak dapat diuraikan lagi disebut cahaya monokromatik.Cahaya putih dapat diuraikan. Saat melewati prisma cahaya putih akan mengalami dispersi (penguraian). Contoh peristiwa dispersi (penguraian) cahaya yang terjadi secara alami adalah peristiwa terbentuknya dari cahaya matahari yang diuraikan oleh titik-titik air hujan di langit. cahaya matahari yang kita lihat berwarna putih. Namun, sebenarnya cahaya tersusun atas banyak cahaya berwarna. kita juga dapat mengamati peristiwa dispersi cahaya pada balon air.

Kita dapat menggunakan air sabun untuk membuat balon air. Jika air sabun ditiup di bawah sinar matahari, kamu akan melihat berbagai macam warna berkilauan pada permukaan balon air tersebut. Sifat-sifat cahaya dapat dimanfaatkan dalam pembuatan berbagai macam alat, di antaranya periskop, teleskop, kaleidoskop, dan lup.

Untuk membaca artikel pelajaran lainnya, silahkan klik di sini

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.